Pengertian Source Code Dalam Pemrograman

Dalam bahasa pemrograman, kita mengenal adanya Source Code, Dalam ilmu komputer, Source Code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi. 

Source code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya. Banyaknya koleksi file source code dapat diatur dalam direktori pohon, dalam hal ini mungkin juga dikenal sebagai source tree.

Executable Binary atau yang lebih dikenal dengan Executable-code adalah code yang bisa diekse¬kusi oleh computer sedangkan. Source code tidak dapat dieksekusi oleh computer.Sedangkan intermediate-code (kode antara) merupakan bentuk yang terletak diantara source-code dan executable-code.


Secara garis besar, proses perubahan suatu Source code hingga menjadi code yang dapat dieksekusi oleh computer (Executable Binary) dapat digambarkan dengan diagram berikut :

Gambar Source Code
Proses Perubahan Suatu Source code Hingga Menjadi Executable Binary

Diagram Proses tersebut diatas selanjutnya di kenal dengan TRANSLASI, Translasi merupakan proses penerjemahan bahasa pemograman ( source code) menjadikan sebuah file atau berupa tampilan lain. Proses Transalai meliputi istilah: Compile, Interpreter, dan Link.

Hasil  akhir dari sebuah transalasi adalah Executable Program atau Ececutable Binary

Penjelasan mengenai Compile, Interpreter, dan Link tunggu di postingan selanjutnya ya.


Pencarian Terkait :

  • Source Code, Apa itu Source Code, Sejarah Sourc Code, Pengertian Source Code, Kegunaan Source Code, Pemrograman, Programming, Pengertian Programming

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Pengertian Source Code Dalam Pemrograman"

  1. Terimakasih.. sangat bermanfaat..
    Kunjungi

    ReplyDelete
  2. Source Code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. terima kasih bermanfaat sekali. semoga sukses selalu

    kunjungi website kampus saya www.atmaluhur.ac.id
    kunjungi blog saya jelinajohan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. mantap :)

    https://www.detikaceh.my.id ( auto Comment Blog by : DetikCOMENT )

    ReplyDelete
  4. mantap :)

    a ( auto Comment Blog by : DetikCOMENT )

    ReplyDelete
  5. mantap :)

    https://www.detikaceh.my.id ( auto Comment Blog by : DetikCOMENT )

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !