Penjelasan Pointer dan Abstract Data Type (ADT) Dalam Pemrograman
Menuntut ilmu adalah keharusan setiap makhluk hidup. Dan yang namanya ilmu itu nggak akan pernah habis. Pada kesempatan kali ini, kembali lagi mimin akan berbagi tentang ilmu komputer, khususnya dunia pemrograman.
Pointer dan Abstract Data Type (ADT) adalah hal wajib yang harus di pahami dalam pemrograman. Penggunaan keduanya akan berarti penting untuk menghemat memori komputer.
1. POINTER
Pointer adalah sebuah penunjuk alamat pada memori computer
yang menyimpan data.
Dalam pointer, terdapat 2 jenis operator yang biasa
digunakan.
a. Operator
Alamat / Dereference Operator(&)
Setiap variabel yang dideklarasikan, disimpan dalam sebuah
lokasi memori dan pengguna biasanya tidak mengetahui di alamat mana data
tersebut disimpan. Dalam C++, untuk mengetahui alamat tempat penyimpanan data,
dapat digunakan tanda ampersand(&) yang dapat diartikan “alamat”.
Contoh :
Bil1 = &Bil2;
dibaca: isi variabel bil1 sama dengan alamat bil2
b. Operator
Reference (*)
Penggunaan operator ini, berarti mengakses nilai sebuah
alamat yang ditunjuk oleh variabel pointer.
Bentuk Umum:
<tipe data> *namaPointer;
tipe merupakan tipe data yang akan ditunjuk oleh variabel,
bukan tipe data dari pointer tersebut.
Contoh :
Bil1=*Bil2;
dibaca: bil1 sama dengan nilai yang ditunjuk oleh bil2
Contoh Code Program Menggunakan Pointer
#include<iostream.h>
void main(){
int
x=2;
int
*px;
px=&x;
// membaca alamat x
cout<<"nilai
x = "<<x<<endl;
cout<<"nilai
pointer *px adalah nilai variabel yang ditunjuk nya(variabel x) =
"<<*px<<endl;
2. ADT
(ABSTRACT DATA TYPE)
Abstract Data Type
(ADT) adalah definisi
TYPE dan sekumpulan
PRIMITIF (operasi dasar) terhadap TYPE tersebut. Definisi TYPE
dari sebuah ADT dapat mengandung sebuah definisi ADT lain.
Misalnya:
- ADT Waktu terdiri dari ADT JAM dan ADT DATE
- GARIS yang terdiri dari dua buah POINT
- SEGI4 yang terdiri dari pasangan dua buah POINT (Top, Left) dan (Bottom, Right)
TYPE diterjemahkan menjadi type terdefinisi dalam bahasa
yang bersangkutan, misalnya menjadi struct
dalam bahasa C.
Primitif, dalam konteks
prosedural, diterjemahkan menjadi fungsi
atau prosedural.
ADT biasanya diimplementasi menjadi dua buah modul, yaitu:
1.Definisi/Spesifikasi
Type dan Primitif
- Spesifikasi type sesuai dengan bahasa yang bersangkutan
- Spsesifikasi dari primitif sesuai dengan kaidah dalam konteks prosedural, yaitu:
- Fungsi : nama, domain, range, dan prekondisi jika ada
- Prosedur : Initial State, Final State, dan Proses yang dilakukan
2. Body/realisasi
dari primitif, berupa kode program dalam bahasa yang bersangkutan.
Realisasi ADT dalam beberapa bahasa:
klik gambar untuk memperbesar!
Dalam modul ADT
tidak terkandung definisi variabel.
Modul ADT biasanya dimanfaatkan oleh modul
lain, yang akan mendeklarasikan variabel
bertype ADT tersebut dalam modulnya. Jadi ADT
bertindak sebagai Supplier
(penyedia type dan
primitif), sedangkan modul
pengguna berperan sebagai Client
(pengguna) dari ADT
tersebut. Biasanya ada
sebuah pengguna yang khusus yang disebut sebagai main program
(program utama) yang memanfaatkan langsung type tsb
Contoh Code Program Menggunakan Pointer
typedef struct{
int j;
int m;
int d;
} Waktu;
Sekedar catatan saja. Ada juga orang atau programmer senior yang mengatakan bahwa ADT adalah pemecahan program menjadi modul-modul (prosedur). Header, Body, Fungsi semua kodenya terpisah.
Pencarian terkait :
Pointer dalam Pemrograman, Penggunaan Pointer dalam Pemrograman, Penjelasan Pointer dalam Pemrograman, Cara Menggunakan Pointer dalam Pemrograman, Proses Berjalan Pointer dalam Pemrograman, Apa itu pointer, Perbedaan Pointer dengan ADT, Apa itu abstract data type, Pengertian Pointer, Pengertian ADT (abstract data type) dalam Pemrograman, Penggunaan ADT (abstract data type) dalam Pemrograman, Program Menggunakan Pointer, Keuntungan Menggunakan Pointer.
0 Response to "Penjelasan Pointer dan Abstract Data Type (ADT) Dalam Pemrograman"
Post a Comment
Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !