PENGERTIAN DAN TUJUAN KRIPTOGRAFI

kriptografi


ITDare Blog | Gimana kabarnya para sobat IT Dare sekalian?  Pastinya sehat - sehat aja kan? Baiklah sekarang oppung ingin berbagi tentang apa itu Kriptografi ?

Sebenarnya jika para sobat sekalian pernah masuk organisasi pramuka atau sedang masuk organisasi pramuka. Para sobat sekalian sudah pernah mempraktekkan ilmu kriptografi tersebut, dalam hal ini yaitu berupa sandi. Oppung ingat waktu smp dulu, oppung senang kalo ada game tentang sandi, karna keahlian oppung adalah spesialis sandi (sombong sedikit nggak apa-apa kali ya). Ada beberapa sandi yang oppung masih ingat seperti sandi kucing, sandi rumput, dll deh

Menurut om Wiki-Kiwi (Oom Wikipedia). Kriptografi ad
alah ilmu dan Seni untuk menjaga kerahasiaan berita. Intinya, kriptografi memastikan agar informasi atau pesan rahasia yang dikirimkan tidak di ketahui orang lain.


Tapi para sobat IT Dare sendiri tahu nggak sih apa saja tujuan kriptografi yang sebenarnya ?
Baik oppung jelaskan lagi.



Sebenarnya tujuan kriptografi itu ada beberapa, yaitu :


  • Kerahasiaan (Confidentiality, privacy, secrecy)

  • Confidentiality, privacy, secrecy ketiganya merupakan sinonim yang bermakna kerahasiaan/privasi. Informasi di dalam sistem komputer dan informasi yang ditransmisikan hanya dapat diakses oleh sekelompok pengguna yang berhak, untuk itu maka kerahasiaan data harus dijaga.


  • Otentikasi (authentication)
  • Terdapat dua jenis otentikasi yaitu message authentication dan entity authentication

    Message authentication adalah Berarti keaslian pesan. yang berarti bahwa pesan yang diterima sama seperti yang dikirimkan, atau diungkapkan sebagai pertanyaan: “Apakah pesan yang diterima tidak
    mengalami perubahan (modifikasi) selama ditransmisikan ?”

    Sedangkan Entity authentication adalah keaslian dari entitas yaitu user, terminal komputer atau

    kartu kredit atau keaslian dari pengirim pesan, dapat diungkapkan sebagai pertanyaan : "Apakah
    pihak yang diajak berkomunikasi adalah benarbenar pihak yang dikehendaki (yang dipercaya oleh pengajak komunikasi) ?"

  • Integritas (integrity)

  • Pesan yang dikirim melalui media komunikasi dapat disadap oleh penyerang (attacker) dan pesan tersebut dimodifikasi, Pesan yang diterima oleh penerima tidak lagi seperti yang pertama kali dikirimoleh pengirim.
    jadi didalam kriptografi kita harus cek apakah pesan tersebut asli atau tidak


  • Nir-penolakan (nonrepudiation)
  • Berarti jika seseorang sudah mengirimkan pesan, maka dia tidak dapat membantah pesan yang dia kirimkan, karena pengiriman pesan tanpa ada pertemuan dapat menimbulkan penolakan atas pesan yang pernah dikirim bila tidak ada identitas pengirim dalampesan tersebut



  • Ketersediaan (availablity)

  • Ketersediaan berarti suatu sumber daya dari sistem komputer tersedia untuk diakses bagi pihak yang berhak pada saat dibutuhkan.

    Baiklah para sobat IT Dare sekalian. Mungkin cukup segitu aja dulu informasi tentang kriptografi yang bisa oppung paparkan. 

    Pada postingan berikutnya Oppung akan memaparkan mengenai Algoritma kriptografi yaitu Algoritma kunci simetris dan Algoritma kunci asimetris.

    So, mampir terus di blog ini ya :)

    Salam hangat buat para sobat IT Dare.


    Kriptografi, Apa itu kriptografi, tentang kriptografi, tujuan kriptografi, sejarah kriptografi, algoritma kriptografi, aplikasi kriptografi

    Subscribe to receive free email updates:

    1 Response to "PENGERTIAN DAN TUJUAN KRIPTOGRAFI"

    Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !