Tutorial Install dan Setting OpenGL GLUT di Compiler CodeBlocks

Tutorial Install dan Setting OpenGL GLUT di Compiler CodeBlocks | Selamat malam teman-teman semua. Apa kabar? Sehat? Semoga sehat semua ya. Aamin.

Pada postingan kali ini, mimin akan memberikan sebuah tutorial install dan setting OpenGL Glut pada compiler CodeBlocks.

OpenGL


Sebelumnya, mimin ucapkan terima kasih terlebih dahulu, kepada temen blogger mimin, karena beliau-lah yang dengan baiknya mau membuat tutorial ini. Sering-sering ya. Hehe

Sebagai awalan, baiklah kita mulai dengan teori.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit (Glut). Di dalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.

Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan compiler dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.

Tenang mimin, nggak bikin artikelnya di sini, tapi udah mimin siapin dalam bentuk modul dan bisa mimin pastikan tutorialnya komplit-plit-plit nggak bikin kalian kecewa!

DOWNLOAD
=================================================
=================================================

Tutorial OpenGL, Setting OpenGL, Download OpenGLGLUT, Download CodeBlocks, Install CodeBlocks, Install Compiler CodeBlocks, Apaitu OpenGL, Apa itu GLUT, Apa itu Compiler

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial Install dan Setting OpenGL GLUT di Compiler CodeBlocks"

  1. Baru tau min kalo di codeblock bisa buat aplikasi GUI

    Thanks min buat infonya
    :)

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !