Tutorial Install dan Setting OpenGL GLUT di Compiler CodeBlocks
Tutorial Install dan
Setting OpenGL GLUT di Compiler CodeBlocks | Selamat malam teman-teman
semua. Apa kabar? Sehat? Semoga sehat semua ya. Aamin.
Pada postingan kali ini, mimin akan memberikan sebuah tutorial install dan setting OpenGL Glut
pada compiler CodeBlocks.
Sebelumnya, mimin ucapkan terima kasih terlebih dahulu,
kepada temen blogger mimin, karena beliau-lah yang dengan baiknya mau membuat
tutorial ini. Sering-sering ya. Hehe
Sebagai awalan, baiklah kita mulai dengan teori.
OpenGL (Open Graphics
Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi
berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai
perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk
membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic
atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut
OpenGL Unit Library Toolkit (Glut). Di dalam Glut tersebut sudah terdapat
berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik
lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada
sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.
Untuk membuat program OpenGL
ini, kita membutuhkan compiler dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa
menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++
dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated
Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program,
compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan
debuger.
Tenang mimin, nggak bikin artikelnya di sini, tapi udah
mimin siapin dalam bentuk modul dan bisa mimin pastikan tutorialnya komplit-plit-plit nggak bikin kalian kecewa!
DOWNLOAD
=================================================
=================================================
Baru tau min kalo di codeblock bisa buat aplikasi GUI
ReplyDeleteThanks min buat infonya
:)
@Ogi : Iya sama-sama
ReplyDelete