Definisi dan Sejarah Singkat Database Visual FoxPro

Definisi Visual FoxPro

Visual FoxPro adalah data-sentris berorientasi objek dan bahasa pemrograman prosedural yang diproduksi oleh Microsoft atau bahasa pemrograman yang bekerja dalam lingkup Microsoft Windows. Ini berasal dari FoxPro (awalnya dikenal sebagai FoxBASE) yang dikembangkan oleh Fox Software pada awal 1984.

Visual FoxPro (VFP) biasa disingkat, adalah terintegrasi dengan mesin database relasional sendiri, yang membentang FoxPro's Xbase kemampuan untuk mendukung SQL query dan data manipulasi.

Microsoft Visual FoxPro 9.0 dapat memanfaatkan kemampuan Microsoft Windows secara optimal. Kemampuannya dapat dipakai untuk merancang program aplikasi yang berpenampilan seperti program aplikasi lainnya yang berbasis Microsoft Windows. Bahasa pemrograman ini sangat populer pada saat ini.

VISUAL FOXPRO DBMS

Sejarah Visual FoxPro

Sejarah Singkat Visual FoxPro

Awalnya dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”. Versi terakhir FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix: Visual FoxPro 3.0, versi “Visual” pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berekstensi COM dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.

FoxPro adalah bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama bahasa “xBase”, di mana sintaksnya berdasarkan bahasa dBase. Pemrograman yang juga menggunakan bahasa xBase adalah Clipper dan Recital (Sejarah awal xBase boleh di lihat dalam rencana dBASE). Penemunya adalah Wayne Ratliff, yang pernah bekerja sebagai salah satu awak penerbang NASA yang pernah mendarat di Mars pada tahu 1976. Wayne Ratliff lahir di Trenton, Ohio, Amerika Serikat dan menemukan program computer Jet Propulsion Laboratory. Tahun 1980 bertemu dengan George State yang telah menemukan program dBase H. Sebenanya Wayne Ratliff hampir menyerah karena hasil karyanya hanya laku dijual 50 $ per kopi. Setelah bertemu dan membuat kesepakatan untuk bergabung dengan George State di Perusahaan Aston-Tate, kemudian keduanya mengembangkan temuannya menjadi dBase II. Pada gilirannya kemudian project pemrograman Data Base diserahkan kepada Wayne Ratliff dan dia berhasil mengembangkanya menjadi dBase III atau yang lebih dikenal dengan FoxPro seri 1.

Tidak seperti kebanyakan sistem manajemen basis data, Visual FoxPro adalah fitur lengkap, bahasa pemrograman dinamis yang tidak memerlukan penggunaan tambahan untuk keperluan umum lingkungan pemrograman. Ini dapat digunakan untuk menulis tidak hanya tradisional “klien gemuk” aplikasi, tetapi juga middleware dan aplikasi web.

Kelebihan Visual FoxPro
  • Visual FoxPro is Data Centric Languageartinya VFP adalah suatu bahasa pemrograman yang sudah dioptimalisasi penggunaannya untuk pengolahan database. VFP juga mendukung transaction processing secara native, Data Dictionary Support, dan SQL ANSI 92 Standard Syntax.
  • Visual FoxPro is Object Oriented Programmingmungkin bagi sebagian orang, pemrograman berorientasi obyek bukanlah barang baru, tetapi ini adalah salah satu nilai lebih yang dimiliki oleh Visual FoxPro dibandingkan dengan dengan pemrograman lain VFP sudah berorientasi obyek sejak pertama kali diperkenalkannya Visual FoxPro 3 di Windows 3.1.
  • Visual FoxPro is extremely fast database engine … seberapa cepat VFP dapat berlari?
  • Visual FoxPro is remote access data … VFP mendukung untuk mengakses data diluar dari database native yang dimilikinya, seperti Microsoft SQL Server, Oracle, mySQL, PostGreSQL, Thunderbird, Access dan lain sebagainya dengan menggunakan koneksi ODBC dan ADO.
  • Visual FoxPro is excellent RAD tools … dimana dengan kemampuan OOP yang dimiliki oleh VFP, kita dapat membangun sebuah aplikasi yang cepat berdasarkan class yang sudah kita bangun sebelumnya. Bahkan kalau seandainya ada perubahan interface atau business rules, dengan mudah kita ubah berdasarkan classnya. It’s really Rapid Application Development Tools.
  • Visual FoxPro is COM Based Complaint … merupakan standar komponen yang dapat digunakan oleh bahasa pemrograman lain yang juga COM Based Complaint, sehingga memungkinkan suatu proyek aplikasi yang besar dibuat lebih dari 1 bahasa pemrograman … sebagai contoh, modul inventory dibuat dengan VFP, modul sales dibuat dengan Delphi, sedangkan menu utamanya dibuat dengan Visual Basic.
  • Visual FoxPro is web-enabled … membuat aplikasi berbasis web bukanlah sesuatu yang sulit bagi VFP, dimana VFP menyediakan fasilitas FoxISAPI sebagai penghubung VFP dengan Web-Server. Atau jika ingin menggunakan fasilitas ASP atau ASP.NET
  • Visual FoxPro is backwards compatibility… hal ini memudahkan bagi rekan-rekan programmer yang masih menggunakan FoxPro for Dos/Windows untuk beralih ke VFP, karena syntax yang biasa sudah dikenal di FoxPro for DOS/Windows masih dikenal dengan baik oleh VFP sehingga memungkinkan aplikasi yang dibuat dengan FoxPro for DOS/Windows dapat berjalan dengan baik di VFP (dengan sedikit perbedaan di tampilan layar, mengingat VFP sudah menggunakan fasilitas Windows GUI 32Bit).
  • Visual FoxPro is flexible & easy to use … kalimat ini bukan sekedar jargon, tetapi memang benar-benar mudah menggunakan VFP, bahkan bagi seseorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun. Lebih dari selusin Wizard yang disediakan oleh VFP untuk mempermudah pemakai menggunakan fasilitas didalamnya, dari Wizard membuat tabel hingga Wizard membuat aplikasi berikut interface-nya.
  • Visual Foxpro is supported by Microsoft … microsoft memiliki komitmen untuk terus mengembangkan Visual Foxpro. Visual Foxpro merupakan Software yang tangguh dalam merncang sistem Basis Data, penggunaan prototyping dan RAD –nya pun memiliki fitur – fitur yang lengkap untuk membangun basis data.
Kekurangan Visual FoxPro
  • Tidak tersedia tipe data pointer
  • Tidak bisa digunakan untuk membuat OCX
  • Pengembangan versi sekarang sudah terhenti di versi 9.0
  • Pembuatan report yang belum mengimplementasikan OOP (direncanakan akan diimplementasikan di VFP 9)
  • Menu-designer yang juga belum mengimplementasikan OOP.
Beberapa sumber programmer mengatakan, Visual FoxPro merupakan bahasa pemrograman yang sudah mulai ditinggalkan oleh penggunanya dan sebagian orang beralih ke pemrograman lain seperti, JAVA. Ada beberapa alasan yang dapat membenarkan hal ini. Salah satunya yaitu, Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman yang tujuannya spesifik membuat database.Kebanyakan pengguna FoxPro adalah kalanan pekerja kantoran, dikarenakan FoxPro identik dengan Program database yang berbasis Bisnis. Dan lagi FoxPro hanya dapat berjalan dengan semestinya saat beroperasi pada sistem Windows.

Mengapa banyak pengguna yang beralih ke JAVA? Java identik dengandapat membuat  aplikasi apa-pun, berbagai macam, library-nya pun lengkap, bisa beroperasi diberbagai sistem Operasi, sistem pemogramannya pun sudah berorientasi objek.

Kebanyakan pengguna FoxPro adalah kalangan pekerja kantoran, dikarenakan FoxPro identik dengan Program database yang berbasis Bisnis. 

Pencarian terkait :

Sejarah Visual FoxPro, Definisi Visual FoxPro, Keunggulan Visual FoxPro, Database Visual FoxPro, Kelemahan Visual FoxPro, Kelebihan Visual FoxPro, Download Database Visual FoxPro, Tutorial Visual FoxPro, Cara Menggunakan Visual FoxPro, Kekurangan Visual FoxPro, Cara membuat database Visual FoxPro, Pengertian DBMS, Database Visual FoxPro, Menggunakan Visual FoxPro di Java, Menggunakan Visual FoxPro di Builder C

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Definisi dan Sejarah Singkat Database Visual FoxPro"

  1. Artikelnya bermanfaat banget gan.. tq.
    Jgn lupak tolong kunjungi juga ya https://ayulestari27.wordpress.com/2015/03/11/10/

    ReplyDelete
  2. Makasi infonya.
    Lumayan nambah ilmu buat presentasi besok.

    ReplyDelete
  3. thanks membantu tugas matkul, klo tutor powerpoint bisa cek disini min.. http://julikoding.blogspot.co.id/2016/12/cara-membuat-2-loading-keren-di-power.html

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda dengan dipostingan ini. Mimin pasti akan mengunjungin balik blog kalian. Salam blogger !